PROGRAM KERJA KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH BABUSSALAM II
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan
adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat, bangsa dan Negara (UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional).
Dalam rangka
mempersiapkan otonomi daerah yang diikuti dengan otonomi pendidikan maka perlu
adanya perencanaan yang baik dan terarah yang dijadikan acuan dalam
melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar.
Sesuai dengan
PERMEN nomor 24 tahun 2006 yang menerapkan sistem KTSP (Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan) yang dituntut semua lulus kemampuan dasar, maka menuntut
madrasah untuk membuat Program Kerja yang jelas dan terarah sesuai dengan
tuntutan lingkungan Madrasah.
Kemampuan dasar
adalah bagian dari standart kopetensi yang menuntut siswa untuk dapat mencapai
kemampuan minimum dalam mata pelajaran/bidang studi yang harus dikuasai siswa.
Untuk
melaksanakan UU Pendidikan serta ketercapaian Kemampuan Dasar minimum menuntut
kepada semua lembaga membuat program kerja yang jelas dan terarah.
Selanjutnya
dengan adanya program yang terencana diharapkan terjadi peningkatan kerja
seluruh warga Madrasah yang akhirnya terjadi peningkatan mutu pendidikan
khususnya di Madrasah Ibtidaiyah Babussalam II Desa Waru Timur Kecamatan Waru
Kabupaten pamekasan Jawa Timur.
B. Tujuan
Dengan adanya
program kerja madrasah tahun pelajaran 2016/2017 ini dengan tujuan :
1. Mampu memberikan
petunjuk didalam menyusun adminitrasi kegiatan belajar mengajar.
2. Sebagai acuan
keberhasilan kegiatan belajar di Madrasah Ibtidaiyah Babussalam II tahun
pelajaran 2016/2017.
3. Memperjelas
pembagian tugas, waktu pelaksanaan serta rencana yang akan dituntaskan.
4. Terjadinya
kreatifitas dan inisiatif dalam melaksanakan tugas bagi seluruh warga madrasah.
5. diharapkan
lulusan MI Al Hidayah Betoyokauman memiliki kemampuan dasar sesuai dengan
kemampuan minimal yang harus dikuasai oleh setiap siswa serta berakhlakul
karimah.
BAB II
VISI, MISI, TUJUAN, ANALISA KONDISI
LINGKUNGAN
DAN KONDISI OBYEKTIF
A. VISI, MISI, DAN TUJUAN
1. Visi Madrasah
Terbina dalam Akhlaq, Terdepan dalam
Prestasi, dan Berwawasan Lingkungan.
Indikator-Indikatornya
adalah:
a) Siswa memiliki akhlaq yang baik
b)
Unggul
dalam pembinaan keagamaan Islam.
c)
Unggul
dalam peningkatan prestasi UN
d)
Unggul
dalam prestasi akademik.
e)
Unggul
dalam prestasi olah raga.
f)
Unggul
dalam prestasi kesenian.
g)
Memiliki
lingkungan madrasah yang nyaman dan kondusif untuk belajar.
h) Mendapatkan kepercayaan dari masyarakat
2. Misi Madrasah
a) Melaksanakan
pembelajaran agama Islam secara berkesinambungan yang berazaskan Ahlussunah
Waljama'ah.
1. Ekstra Kurikuler
2. Sosial
Kemasyarakatan dan
3. Kesenian.
b) Merealisasikan
manageman partisipatif dengan melibatkan seluruh warga madrasah dan komite
madrasah.
c) Mendorong dan
membantu siswa mengenali potensi dirinya untuk dikembangkan secara optimal.
Indikator-Indikator Misi adalah:
a) Menjadikan ajaran-ajaran dan nilai-nilai Islam.sebagai pandangan hidup,
sikap hidup dan keterampilan hidup dalam kehidupan sehari-hari.
b) Memiliki daya saing dalam prestasi Akademik
c) Memiliki daya saing dalam memasuki pendidikan dasar lebih lanjut
(SMP/MTs) yang favorit.
d) Memiliki daya saing dalam prestasi akademik dan non akademik.
e) Memiliki daya saing dalam prestasi KIR pada tingkat lokal,atau nasional
f) Memiliki daya saing dalam prestasi Ilmu Pengetahuan dan Tekhnologi
g) Memiliki daya saing dalam prestasi seni dan olah raga
h) Memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan.
i)
Memiliki kemampuan beradaptasi dan
survive di lingkungannya.
j)
Memiliki lingkungan Madrasah yang
nyaman dan kondusif untuk belajar.
k) Mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.
3. Tujuan Madrasah
Tujuan
pendidikan dasar secara umum adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan,
kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti
pendidikan lebih lanjut.
Secara
khusus tujuan pendidikan di MI Babussalam II Waru Timur
adalah:
a) Dapat mengamalkan ajaran agama hasil
proses pembelajaran dan kegiatan pembiasaan;
b)
Meraih prestasi akademik maupun non
akademik minimal tingkat Kec. Waru;
c)
Menguasai dasar-dasar ilmu
pengetahuan dan teknologi sebagai bekal untuk melanjutkan ke sekolah yang lebih
tinggi;
d)
Menjadi sekolah pelopor dan penggerak
di lingkungan masyarakat sekitar;
e) Menjadi sekolah yang diminati di masyarakat.
B. ANALISA KONDISI LINGKUNGAN
1. Kekuatan
a. Kelayakan tenaga
Guru Cukup memadai
b.
Loyalitas Guru dan karyawan yang tinggi
c. Sarana
pembelajaran cukup memadai
d. Program madrasah
yang dilaksanakan oleh semua guru dan karyawan dengan baik.
e. Dukungan dari
pengurus lembaga yang sangat besar.
2. Kelemahan
a. Kinerja staf,
karyawan (Karyawan Baru) kurang optimal.
b. Terbatasnya dana
yang tersedia
c.
Sarana dan prasarana kurang sempurna.
d. Kwalitas kedisiplinan guru masih belum sesuai dengan standart yang
ditentukan.
3. Peluang
a. Adanya dukungan
dari pemerintah.
b. Diterapkan
aturan pendidikan memberi peluang Madrasah untuk berkembang.
c. Adanya dukungan
dari masyarakat yang cukup besar.
d. Minat siswa dan wali
murid pada pendidikan yang berkualitas cukup tinggi
e. Minat siswa
untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler cukup besar.
f. Adanya
sertifikasi bagi guru.
4. Ancaman
a.
Masyarakat semakin kritis dalam menilai lembaga pendidikan
b. Kompetisi
prestasi lulusan sangat ketat antar lembaga pendidikan
c. Ketatnya
persyaratan untuk melanjutkan kelembaga pendidikan yang lebih tinggi.
d. Persaingan untuk
menjadi juara dalam setiap perlombaan antar madrasah sangat tinggi.
5. Identifikasi
Madrasah
a. Hasil ujian yang
kurang maksimal baik klasikal maupun individual
b. Kemampuan siswa
yang hiterogen dan kesenjangan yang sangat tinggi.
c.
Setelah lulus penghormatan kepada guru berkurang.
d. Kemampuan
ubudiah siswa terus ditingkatkan
e. Motivasi dan
kemampuan bahasa asing yang masih rendah
f. Kinerja staf dan
karyawan kurang maksimal.
g. Masih ada Guru
yang datang terlambat anak sudah baris dan berdo’a.
h. Masih ada Guru
putri yang tidak mendampingi siswa saat sholat Dluhur berjama’ah.
i. Pemahaman guru
dalam membuat perangkat pembelajaran masih kurang.
j. EDS (Evaluasi
Diri Madrasah) dan SPM (Standar Pelayanan Minimal)
6. Alternatif
Langkah Pemecahan Masalah
a. Mengadakan les
khusus siswa kelas terakhir secara rutin
b. Berkerjasama
dengan lembaga terkait ditingkatkan, dalam menunjang keterampilan siswa
c. Pembiasaan siswa
berakhlakul karimah.
d. Mewujutkan
rencana kegiatan dan pembinaan ekstrakurikuler dengan baik dan
berkesinambungan.
e. Penambahan
sarana prasarana khususnya bidang ekstrakurikuler
f. Meningkatkan pengalaman dan pendidikan staf pengajar secara berkala.
g. Memberikan motifasi pada guru dan staf untuk datang lebih awal.
h. Selalu mengingatkan pentingnya sholat berjama’ah.
i. Mengikutsertakan guru dalam pembinaan membuat perangkat pembelajaran.
j. Selalu mengingatkan Guru dan staf untuk tertib adminitrasi baik pribadi
maupun kelembagaan dan berupaya untuk pemenuhan SPM.
C. SASARAN
1. Adanya
peningkatan hasil ujian akhir secara klasikal minimal 7,50
2. Siswa
berakhlakul karimah baik di madrasah, di rumah, maupun di masyarakat.
3. Siswa dapat
berbicara “Basa Krama” dengan orang yang lebih tua.
4. Siswa yang lulus
mampu menguasai syarat, rukun serta dasarnya dalam sholat fardhu.
5. Siswa mempunyai
ketrampilan berbahasa yang baik
6. Adanya
peningkatan kinerja staf dan karyawan secara terus-menerus.
7. Pembuatan/pembagian
kerja dan piket staf TU yang jelas
8. Mengoptimalkan
kinerja wali kelas.
9. Setiap awal
tahun pelajaran guru sudah siap dengan perangkat pembelajaran dan dapat
merealisasikan dengan baik.
D. IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI SASARAN
1. Peran serta guru
mata pelajaran dalam menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan optimal.
2. Penyusunan buku
panduan praktek ubudiyah.
3. Ekstra bahasa
Jawa (Kromo) dimaksimalkan (diadakan hari-hari khusus untuk berbahasa kromo)
4. Perbaikan dan
pengadaan sarana dan prasarana penunjang berbahasa
5. Merencanakan dan
menoktimalkan lembaga dengan baik
6. Secara rutin mengadakan pembinaan terhadap staf dan karyawan
7. Bekerja sama
dengan lembaga terkait.
8. Penambahan peralatan praktik (Olah raga, Kesenian, Komputer, IPA, Bahasa,
dan Matematika)
9. Pengadaan penunjang KBM (ruang untuk pembelajaran dengan proyektor).
10.Menjalin rasa persaudaraan yang tinggi antar Guru dan Karyawan.
11.Pengadaan kipas angin untuk setiap kelas dan perbaikan penerangan ruang.
BAB III
PROGRAM KERJA MI AL HIDAYAH
BETOYOKAUMAN
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
I. BIDANG KURIKULUM
Untuk memenuhi target kurikulum yang maksimal, Madrasah
Ibtidaiyah Babussalam II menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
untuk semua kelas dari kelas I s/d VI Mata Pelajaran Umum dan menggunakan
Kurikulum 2013 untuk Mata Pelajaran Agama. Kelas I dan II jumlah jam per minggu 36. kelas III –
VI 52 jam.
Untuk kelas VI setelah midl semester
ganjil ada penambahan jam yang dikemas dalam les di madrasah yang dilaksanakan
pada malam/sore hari untuk bidang studi umum yang di UN kan sedangkan untuk bidang
studi yang lain terutama bidang studi Agama dilaksanakan setelah Ujian semester
Ganjil, dan pembinaan khusus keagamaan yaitu istighotsah yang dilaksanakan satu
bulan dua kali pada malam Jumat, yang harapannya dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa dan memberikan kemantapan lahir maupun bathin dalam menghadapi
UAMBN-UN sehingga nilai UAMBN-UN semakin meningkat.
II. BIDANG EKSTRAKURIKULER
a. Komputer
Ekstra komputer
ini dilaksanakan siswa kelas III, IV, V selama dua semester sedangkan untuk
kelas VI hanya satu semester dengan membentuk kelompok-kelompok yang terdiri
dari 10 siswa, adapun pendanaan kegiatan ini diperoleh dari siswa dan disubsidi
oleh pengurus madrasah.
b. Praktek Ibadah
Kegiatan ini
dilaksanakan siswa kelas I - IV dengan pembinaan khusus masalah pelaksanaan
kegiatan seputar sholat dan syarat rukunnya, untuk kelas V dan VI diadakan
pembinaan khusus tentang masa pubertas. Dibina oleh seorang guru dan
dilaksanakan secara bergiliran.
c. Sholat Dhuhur
Berjama’ah
Usia siswa yang
masih labil dalam menerima ajakan dan saran terlebih dalam melaksanakan sholat
berjama’ah perlu dipupuk sejak dini sehingga anak terbiasa dalam melaksanakan
sholat berjama’ah. Adapun ekstra sholat berjama’ah ini dilaksanakan untuk kelas
III s/d VI. Untuk kelas I dan II karena pulangnya
pukul 11.00 WIB maka, tidak diikutkan.
d. Sholat Dhuha
Kegiatan ini
dilaksanakan siswa kelas I – VI dibagi
menjadi dua kelompok putra dan putri setiap kelompok dibina oleh
guru yang mengajar pada hari itu, dilaksanakan di Musholla As-Salam Putra dan
Musholla As-Salam putrid pada saat sebelum bel masuk yang diharapkan
membiasakan anak untuk melaksanakan sholat dhuhah.
e. Kepramukaan
Pembinaan
kepramukaan ini dilaksanakan secara rutin dengan harapan dapat mencetak anak
yang disiplin, tegas, mandiri, tanggung jawab, dan berakhlakul karimah.
pelaksanaannya setiap Jum’at yang terdiri dari dua jenjang kelas I-III (Siaga)
dan kelas IV-VI (Penggalang). Dibina oleh 1 pembina satuan dan 2 pembina Bantu
dan pada saat liburan diadakan kegiatan perkemahan/jelajah alam harapannya anak
lebih mengenal dan mencintai lingkungannya.
f. Hafalan Surat Yasin/Waqia dan Surat-surat Pendek
Kegiatan ini bertujuan untuk menunjang praktek keagamaan dan memanfaatkan
usia anak dimana ada pepatah. “Belajar diwaktu kecil bagai mengukir di atas
batu, belajar sesudah dewasa laksana mengukir di atas air” pepatah itulah
yang mendorong kegiatan ini untuk menanamkan hafalan-hafalan yang akan melekat
pada diri anak sampai mati.
g. Istighosah
Dilaksanakan
secara rutin tiap bulannya dan khusus kelas VI dalam rangka pembinaan mental
untuk menghadapi Ulangan Akhir Madrasah (UAS) dilaksanakan tiap malam
Jum’at diikuti oleh seluruh dewan guru,
dan menjelang ujian akan dilaksanakan bersama-sama dengan wali murid.
h. Pembinaan Olah Raga Prestasi
Dilaksanakan secara
rutin khusus untuk tahun ini dalam
rangka mempersiapkan kontingen PORSENI pembinaan lebih diintensifkan sehingga diharapkan siswa akan dapat
berprestasi, ada pun teknik pembinaan dan penjaringan siswa akan diatur sesuai
dengan kebutuhan dan untuk setiap bidang olah raga akan dibina oleh satu guru.
i. Pembinaan KIR/Bidang studi yang dilombakan
Dilaksanakan secara rutin dalam
rangka untuk menyiapkan siswa-siswi yang mampu bersaing dalam setiap
perlombaan, (lomba mata pelajaran, pelajar teladan, olimpiade) sehingga
diharapkan setiap ada kompetisi siswa-siswi membawa tropi juara.
j. Mengaji Al Qur’an
Pada tahun
pelajaran 2016/2017 diupayakan diberi waktu khusus untuk mengaji Al Qur’an 15
menit sebelum pembelajaran dimulai, dengan harapan siswa lebih mendalami agama
dan mempunyai pembiasaan yang baik.
III. TENAGA PENGAJAR
Pembinaan rutin melalui rapat bulanan oleh kepala madrasah
Ibtidaiyah, supervisi terpadu PPAI, supervisi dari Kementrian Agama Kab. Pamekasan
atau Kanwil sewaktu-waktu didatangi.
Mengikutsertakan/mengirim tenaga pendidik setiap ada
penataran/pelatihan yang diadakan oleh Kemenag, Dinas Pendidikan maupun oleh
LSM. Yang harapannya guru akan semakin trampil dalam membuat perangkat
pembelajaran dan menciptakan inovasi-inovasi dalam pembelajaran.
IV. BIDANG KEPEGAWAIAN
Mengadakan pengawasan dan pembinaan terhadap kerja staf
Tata Usaha setiap saat dan pembagian tugas yang merata dan sesuai dengan jobnya
masing-masing.
Pengadaan Komputer khusus untuk TU sehingga surat-menyurat
dan adminitrasi keuangan dapat tertata rapi.
Mengusulkan peningkatan honor yang
disesuaikan dengan prestasi kinerja mereka.
BAB IV
GARIS-GARIS PEMBAGIAN TUGAS
I. TUGAS GURU
Bertanggung jawab kepada Kepala
Madrasah dalam melaksanakan KBM meliputi :
1) Melaksanakan
proses belajar mengajar (PBM) sesuai dengan mata pelajaran yang dipercayakan.
2) Membuat
perangkat pembelajaran (RPE, program tahunan, program semester, satuan
pelajaran, kisi-kisi soal, analisis soal
sesuai dengan ketentuan yang berlaku, kemudian diserahkan kepada kepala
madrasah atau waka kurikulum.
3) Melaksanakan evaluasi terhadap anak didik.
4) Mengisi daftar
nilai anak didik
5) Melaksanakan
analisis hasil ulangan harian
6) Menyusun dan
melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
7) Melaksanakan
kegiatan membimbing (pengimbasan pengetahuan), kepada guru lain dalam proses
pembelajaran
8) Membuat alat
pelajaran/alat peraga
9) Mengadakan
pengembangan program pembelajaran
10) Membuat catatan
tentang kemajuan hasil belajar anak didik
11) Mengisi dan
meneliti daftar hadir sebelum memulai pelajaran
12) Mengatur
kebersihan ruang kelas dan sekitarnya
13) Menjadikan kelas
yang kondusif sewaktu melaksanakan proses belajar mengajar.
14) Membimbing dan
membina agar siswa giat belajar.
15) Membuat laporan
tentang pelaksanaan tugas yang telah dipercayakan, kepada kepala madrasah
secara berkala.
II. TUGAS WALI KELAS
1) Pengelolaan
kelas
2) Aktif memonitor dan penyelenggaraan adminitrasi kelas yang meliputi :
Ø Tempat duduk
Ø Papan tulis
Ø Absensi siswa
Ø Jurnal mengajar
Ø Tata tertib
kelas
Ø Organisasi kelas
3) Menyusun /
membuat statistik kelas siswa
4) Pengisian daftar
nilai siswa
5) Pembuatan catatan khusus tentang siswa
6) Catatan mutasi
siswa
7) Pengisian buku
laporan pendidikan ( raport )
8) Pembagian buku
raport
9) Menanamkan kebersamaan, kegotong-royongan dan ukhuwah islamiah sehingga
mencerminkan kelas yang menyenangkan bagi semua anggota kelas
10) Aktif memotifasi siswa sehingga timbul kreatifitas guna menunjang karier
dan studynya
11)
Bertindak sebagai penengah, baik
antara siswa dengan siswa atau siswa dengan guru
12)
Menjaga kelestarian kelengkapan kelas
dengan melibatkan para siswa
III. TUGAS PKM BIDANG KURIKULUM
1) Menyusun jadwal pelajaran
2) penataan dan pemanfaatan ruang kelas sesuai
kebutuhan
3) Berkordinasi
dengan waka bidang yang lain untuk penyesuaian jadwal masing-masing guru yang
bersangkutan
4) Merencanakan dan
menyusun serta mempersiapkan perangkat-perangkat pembelajaran yang dibutuhkan
5) Membantu tugas
kepala madrasah sesuai dengan pendelegasian tugas yang diserahkan kepadanya.
6) Turut
memfasilitasi peningkatan prestasi siswa berdasarkan pembinaan yang diperlukan.
7) Menjadi antar
muka (interface) antara guru dan kepala madrasah.
8) Mengkoordinir
pelaksanaan UUB, UAS, dan UAS-BN.
9) Melakukan
pengarsipan program kurikulum
10) Membuat laporan
dan mempertanggungjawabkan kepada kepala madrasah.
IV. TUGAS PKM BIDANG KESISWAAN
1) Mengelola
seluruh kegiatan siswa dengan baik.
2) Membuat
program/agenda kegiatan kesiswaan.
3) Memberikan
pembinaan kesiswaan melalui kegiatan siswa secara terprogram.
4) Mengadakan dan
mendorong siswa untuk mengikuti kegiatan yang diadakan di madrasah.
5) Memfasilitasi
siswa dalam kegiatan lomba baik di dalam maupun di luar madrasah.
6) Bekerja sama
dengan waka dan atau guru lain untuk membantu dalam kegiatan kesiswaan.
7) Mengkoordinir
pelaksanaan ziarah dan wisata siswa.
8) Membuat laporan
dan mempertanggungjawabkan kepada kepala madrasah.
V. TUGAS
KOORDINATOR PERPUSTAKAAN
1) Membuat program
pengelolaan ruang dan pemanfaatan buku perpustakaan.
2) Mengajukan
anggaran pengelolaan perpustakaan madrasah.
3) Mengatur jadwal
pelayanan ruang perpustakaan.
4) Merencanaakan
dan mengadakan buku pustaka (baru) yang bermutu sesuai kebutuhan dan kemampuan
madrasah.
5) Inventarisasi
dan pengadministrasian
6) Membuat tata
tertib ruang perpustakaan.
7) Membuat laporan
pelakasanaan tugas, baik dalam hal administrasi umum maupun keuangan perpustakaan.
VII. TUGAS
KOORDINATOR UKS
1) Membuat program
pengelolaan UKS.
2) Mengadakan
kebutuhan sarana pengobatan dan obat – obat yang dibutuhkan.
3) Mendesain ruang
UKS yang nyaman dan aman untuk kebutuhan siswa.
4) Bekerja sama
dengan guru dan atau karyawan dalam pelaksanaan tugasnya sesuai situasi dan
kondisi.
5) Menyusun
prosedur penanganan masalah yang yang terjadi berkaitan dengan kesehatan siswa
IX. TUGAS KEPALA
MADRASAH
1) Bertanggung jawab keseluruhan pengelolaan Madrasah.
2)
Bersama wakilnya beserta staf menyusun
program kerja
3)
Mengadakan kunjungan kelas.
4)
Mengadakan penilaian (supervise) terhadap kinerja guru.
5)
Menyampaikan segala
instruksi/informasi kepada guru dan karyawan.
6) Mengadakan hubungan dan kerjasama yang baik dengan Pengurus, Komite
madrasah dan kepada instansi terkait.
X. PENINGKATAN
HASIL PRESTASI BELAJAR MURID
1) Menekankan
terhadap murid agar memiliki buku pelajaran/semua mata pelajaran yang diajarkan
dengan cara membeli di koperasi madrasah baik secara kontan maupum mengangsur.
2) Khusus kelas VI
diadakan penambahan jam pelajaran diluar jam efektif yang dimulai setelah
pelaksanaan tengah semester ganjil sampai menjelang pelaksanaan ujian dengan
dikenakan sumbangan yang ditentukan oleh madrasah dan wali murid.
XI. SARANA DAN
PRASARANA
Pemanfaatan dana
bantuan baik dari Pemerintah Pusat, daerah maupun dari Instansi lain bila
sewaktu-waktu mendapat bantuan dengan prioritas
1) Perbaikan
bangku, kursi murid.
2) Perlengkapan/perbaikan
sarana dalam kelas (kipas angin, listrik/penerangan dan pengeras suara di
kelas)
3) Rak/almari arsip
kantor
4) Penataan halaman
dan taman madrasah serta tandon air untuk menyiram bunga.
5) Pengecatan
dinding madrasah.
6) Penambahan WC
siswa dan pembuatan tempat cuci tangan.
XII.. HUBUNGAN DENGAN
KOMITE MADRASAH
1) Mengadakan
kerjasama Komite madrasah dengan madrasah, dengan jalan saling memberi
insformasi.
2) Mengadakan
pertemuan rapim antara madrasah dengan komite madrasah setiap perencanaan.
3) Melaporkan
setiap kegiatan madrasah setiap akhir bulan.
XIII. HUBUNGAN WALI MURID DAN MASYARAKAT SEKITAR
1) Mengadakan pertemuan awal tahun khusuas kelas I dan VI
2) Mendatangi wali murid dan membantunya setiap keluarga murid yang terkena
musibah
3) Mengadakan kegiatan pada hari besar Islam dan nasional yang melibatkan wali
murid
4) Membantu wali murid dalam peningkatan hasil prestasi belajar murid dengan
jalan memberi nasehat-nasehat
5) Pengelolaan zakat fitra dan zakat mal oleh madrasah
6) Mengadakan
pertemuan dengan seluruh wali murit setiap akhir semester.
HAL-HAL LAIN
Program kerja
yang belum tertulis pada program kerja ini, jika menurut pertimbangan sangat
diperlukan atau dibutuhkan akan dilaksanakan dengan jalan memberi
nasehat-nasehat.
Pamekasan, Juli
2016
Kepala Madrasah.
SUAIDI, S.Pd.I
|
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1)
Tata tertib
madrasah
2)
Kalender
pendidikan
3)
Daftar guru dan
karyawan
4)
Daftar Pembagian
tugas mengajar
5)
Daftar murid
6)
Daftar pelajaran
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT. Atas rahmad dan hidayah-Nya, kami dapat
menyelesaikan penyusunan program kerja MI BABUSSALAM II Waru Timur Tahun Pelajaran 2016/2017 ini dengan baik semoga langkah kita selalu dalam ridhonya amiin.
Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan pada Nabi Muhammad SAW,
yang telah memberikan tuntunan dan tatanan kepada kita.
Harapan kami dengan adanya Program Kerja ini dapat menjadi pedoman dalam
menjalankan madrasah tahun pelajaran 2016/2017 serta untuk lebih meningkatkan
kinerja madrasah, dan meningkatkan mutu madrasah sehingga madrasah mampu
menciptakan keunggulan-keunggulan di semua bidang.
Kami menyadari bahwa Program Kerja yang telah kami susun ini masih
memiliki banyak celah kelemahan dan jauh dari sempurna. Oleh karena itu, segala
kritik, saran, dan masukan yang konstruktif dari berbagai pihak yang kompeten
sangat kami harapkan.
Kepala Madrasah Ibtidaiyah Babussalam II Waru Timur menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih
kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu penyelesaian Program Kerja ini.
Pamekasan, Juli 2016
Kepala Madrasah.
SUAIDI, S.Pd.I